Ada Ilmu Menjadi Kaya

  • by

Ada ilmu menjadi kaya, dan ia adalah ilmu eksakta, seperti aljabar atau aritmetika. Ada hukum-hukum tertentu yang mengendalikan proses pemerolehan kekayaan. Jika hukum-hukum ini dipelajari dan dipatuhi oleh siapa pun, ia akan menjadi kaya dengan kepastian matematis.

Kepemilikan uang dan kekayaan adalah hasil dari melakukan segala sesuatu dalam Cara Tertentu. Orang yang melakukan segala sesuatu dalam Cara Tertentu, apakah karena diniatkan atau secara kebetulan saja, akan menjadi kaya. Sementara mereka yang tidak melakukan segala sesuatu dalam Cara Tertentu, sekeras apa pun mereka bekerja atau secakap apa pun mereka, tetap miskin.

Adalah hukum alam bahwa hal tertentu menghasilkan efek tertentu. Karena itu, siapa pun yang melakukan segala sesuatu dalam Cara Tertentu ini niscaya menjadi kaya.

Pernyataan di atas benar dengan memperhatikan fakta-fakta berikut:

Menjadi kaya tidak berurusan dengan lingkungan. Jika itu berkaitan dengan lingkungan, semua orang di lingkungan tertentu akan menjadi makmur; semua orang di satu kota akan kaya, sementara di kota lainnya akan melarat semua. Atau penduduk di satu daerah akan sejahtera semua, sementara di daerah lainnya akan berkubang kemiskinan.

Tetapi di semua tempat kita melihat orang kaya dan orang miskin hidup bersama-sama, dalam lingkungan yang sama, dan sering bekerja di tempat yang sama. Ketika dua orang tinggal di daerah yang sama, menjalankan urusan yang sama, dan yang satu menjadi kaya sementera yang lain terus miskin, maka anda tahu bahwa menjadi kaya tidak berurusan sama sekali dengan lingkungan. Satu lingkungan mungkin lebih menyenangkan ketimbang yang lain, tetapi ketika dua orang menjalankan bisnis yang sama dan tinggal di daerah yang sama, dan yang satu kaya yang lain miskin, itu menunjukkan bahwa menjadi kaya adalah hasil dari melakukan segala sesuatu dalam Cara Tertentu.

Selanjutnya, kemampuan untuk melakukan segala sesuatu dalam Cara Tertentu tidak berkaitan dengan bakat, karena banyak orang memiliki bakat besar dan tetap miskin, sementara yang bakatnya pas-pasan bisa menjadi kaya. Mempelajari orang-orang yang menjadi kaya, kita mendapati bahwa mereka rata-rata biasa-biasa saja dalam banyak hal. Mereka tidak punya bakat besar dan kemampuan di atas orang-orang lain. Itu membuktikan bahwa mereka menjadi kaya bukan karena mereka memiliki bakat atau kemampuan besar yang tidak dimiliki orang-orang lain, tetapi karena mereka melakukan segala sesuatu dalam Cara Tertentu.

Menjadi kaya bukan hasil dari menabung, atau berhemat

Banyak orang kikir yang tetap miskin, sementara mereka yang bebas membelanjakan uang sering menjadi kaya. Orang juga tidak menjadi kaya karena bisa melakukan sesuatu yang orang lain gagal di sana. Dua orang dalam bisnis yang sama sering melakukan hal-hal yang sama, dan yang satu menjadi kaya, yang lain bangkrut.

Dari semua ini, kita harus menyepakati kesimpulan bahwa menjadi kaya adalah hasil dari melakukan segala sesuatu dalam Cara Tertentu. Jika menjadi kaya adalah hasil dari melakukan segala sesuatu dalam Cara Tertentu, dan jika hal tertentu menghasilkan efek tertentu, maka setiap orang yang bisa melakukan apa saja dalam cara ini bisa menjadi kaya. Dan itu adalah ilmu eksakta.

Lalu muncul pertanyaan, apakah Cara Tertentu ini cukup sulit sehingga hanya sedikit orang yang bisa menjalankannya. Tidak benar sama sekali, sebagaimana akan kita lihat nanti, sejauh kita memperhatikan kecakapan alami. Orang-orang berbakat menjadi kaya, dan orang-orang dungu juga menjadi kaya. Orang-orang yang sangat cerdas menjadi kaya, dan orang-orang yang sangat bodoh juga menjadi kaya. Orang-orang yang bertubuh kuat menjadi kaya, dan orang lemah yang sakit-sakitan juga menjadi kaya.

Kemampuan untuk berpikir dan memahami, tentu saja, sangat penting. Namun sejauh kecakapan alami diperhatikan, setiap orang yang bisa membaca dan memahami kalimat-kalimat ini pasti akan menjadi kaya.

Juga, kita telah melihat tak ada masalah dengan lingkungan. Lokasi tentu penting untuk beberapa hal; Anda tidak perlu pergi ke Gurun Sahara dan mengharapkan bisnis anda sukses di sana. Menjadi kaya melibatkan perlunya berhubungan dengan orang lain, dan bergaul dengan orang-orang lain; dan jika orang-orang ini tergerak untuk berhubungan dengan anda sebagaimana yang anda inginkan, itu lebih baik. Tetapi sebatas itulah pentingnya lingkungan. Jika orang lain bisa menjadi kaya di kota itu, anda bisa juga Dan jika orang lain di daerah anda bisa menjadi kaya, anda juga bisa.

Lagipula, itu tidak berurusan dengan apa bisnis atau profesi anda. Orang bisa menjadi kaya melalui bisnis apa saja, dan dengan profesi apa saja. Sementara tetangga-tetangga mereka, dengan pekerjaan yang sama, tetap miskin.

Benar bahwa anda akan melakukan yang terbaik dalam sebuah jenis pekerjaan atau usaha yang membutuhkan bakat dalam usaha itu. Juga anda bisa melakukan usaha terbaik dilingkungan yang cocok bagi usaha tersebut. Toko es krim akan cocok di daerah panas dibanding di daerah dingin dan usaha ikan salmon lebih laris di daerah beku bila dibanding daerah penghasil salmon seperti Florida. Namun terlepas dari batasan-batasan umum tersebut, menjadi kaya tak tergantung apakah anda bekerja di usaha tertentu, tapi tergantung pembelajaran anda untuk melakukan sesuatu dengan Cara Tertentu. Jika anda sekarang anda berkecimpung dalam suatu usaha dan orang lain di lingkungan anda menjadi kaya di usaha yang sama sementara anda tetap miskin, itu hanya karena anda tak melakukan sesuatu dengan cara orang tersebut melakukannya.

Tak seorangpun terhalangi untuk menjadi kaya karena kurangnya modal. Benar, saat anda mendapat modal peningkatan kesuksesan usaha anda bisa menjadi cepat dan mudah, tapi orang yang sudah punya modal itu sudah kaya dan tak perlu berfikir mencari jalan bagaimana ia menjadi kaya. Tak masalah seberapa miskin anda, jika anda mulai melakukan sesuatu dengan Cara Tertentu anda akan menjadi kaya dan akan mendapat modal. Mendapat modal adalah satu bagian proses untuk menjadi kaya dan merupakan satu hasil yang pasti dihasilkan karena melakukan sesuatu dengan cara tertentu. Anda mungkin orang termiskin di benua ini dan utang sedang menenggelamkan anda. Anda mungkin tak punya teman, pengaruh dan sumber daya, tapi jika anda mulai melakukan sesuatu dengan cara ini, anda pasti mulai kaya, karena sesuai hukum sebab akibat, suatu sebab pasti menimbulkan akibat. Jika anda tak punya modal anda akan mendapat modal. Jika anda di jenis usaha yang salah, anda akan punya akses ke jenis usaha yang tepat. Jika anda di tempat yang salah anda anda akan punya akses ke tempat yang tepat . Dan anda bisa meraihnya dengan memulainya di kegiatan apapun atau jenis usaha anda sekarang, di tempat anda sekarang untuk melakukan sesuatu dengan cara tertentu yang pasti menyebabkan sukses. Anda harus mulai hidup secara harmonis dengan hukum yang mengatur alam semesta ini.


tulisan ini diambil dari salah satu bab Buku The Science of Getting Rich oleh Wallace D. Wattles yang terbit di tahun 1910